Unsur-unsur Penting Catatan Laporan Keuangan BukuWarung

Laporan Keuangan merupakan catatan informasi keuangan suatu perusahaa pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Dimana didalamnya terdapat unsur-unsur catatan laporan antara lain :

Unsur-unsur Catatan Laporan Atas Keuangan

Membuat catatan atas laporan keuangan tidaklah sembarangan. Harus ada unsur-unsur yang wajib dimasukkan ke dalam catatan tersebut.

Nah, apa sajakah unsur-unsur itu? Berikut penjelasannya.

1. Unsur Umum/Penjelasan Perusahaan

Unsur pertama yang harus ada yaitu unsur umum/penjelasan perusahaan.

Pada unsur ini, Anda harus menjelaskan sejarah dan latar belakang berdirinya perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga harus menjelaskan tentang AD/ART, visi misi, status badan hukum, penawaran saham, dan kebijakan lainnya.

2. Kebijakan Akuntansi

Unsur selanjutnya yaitu kebijakan akuntansi seperti asumsi dasar dalam penyusunan laporan keuangan, pengukuran laporan keuangan, multi currency, dan lain sebagainya.

3. Kebijakan Standar Akuntansi Keuangan

Unsur ini terdiri dari kepatuhan laporan keuangan kepada aturan-aturan di SAK. Apa itu SAK? SAK adalah singkatan dari Standar Akuntansi Keuangan. Peraturan yang ada dalam SAK sudah mencantumkan apa saja yang harus tertulis di laporan keuangan.

4. Informasi Kebijakan Fiskal/Keuangan

Unsur selanjutnya yaitu informasi terkait kebijakan keuangan. Apa isi informasi dari unsur yang satu ini?

Unsur ini menyajikan informasi tentang:

  1. Ekonomi makro
  2. Kebijakan ekonomi
  3. Pencapaian target APBD/APBN
  4. Hambatan perusahaan untuk mencapai target.
  5. Ikhtisar Pencapaian Kinerja

Ikhtisar berarti rangkuman atau ringkasan dari pencapaian kerja yang sudah dilakukan oleh perusahaan dalam periode tertentu.

5. Pengguna Laporan Keuangan

Catatan atas laporan keuangan juga memiliki unsur pengguna laporan keuangan. Unsur ini berisi orang-orang yang bisa membaca dan menggunakan laporan keuangan. Contoh orang yang bisa menggunakan laporan keuangan yaitu pemerintah, investor, dan masyarakat.

Anda tidak perlu khawatir lagi, anda bisa membuat catatan laporan keuangan secara otomatis dan gratis. Hanya dengan mengunduh aplikasi BukuWarung di playstore atau dengan mengujungi https://app.bukuwarung.com/ kamu hanya perlu mendaftarkan akunmu, dan mengisi profil dan bisa nikmati berbagai macam fitur catatan keuangan.