Pengertin Dasar E-Money Mudah

Pada saat ini pembelian atau pun pembayaran yang lain sering sekali menggunakan cara yang baru, yaitu dengan menggunakan e-money.  E-money ini sangat berguna pada saat ini karena bisa mempermudah kegiatan manusia karena manusia tidak lagi harus membawa uang secara fisik saat berpergian sehingga mengurangi risiko untuk kehilangan uang. Sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan e-money? Mari kita simak pengertian dari e-money sendiri serta cara top up e money.

Electronic Money (E-Money) atau uang elektronik adalah produk, sistem atau alat pembayaran berupa nilai uang yang disimpan secara elektronik pada media server atau chip yang dipergunakan untuk kepentingan transaksi pembayaran atau transfer dana. E-Money diperoleh dengan cara menyetor uang terlebih dahulu kepada penerbit melalui beberapa metode kemudian nilai uang tersebut diubah menjadi nilai uang dalam media elektronik dalam satuan mata uang.

Electronic Money dikenal dengan nama Electronic Cash, Electronic Currency, Digital Money, Digital Cash atau Digital Currency. E-Money atau uang elektronik merupakan segala bentuk jenis uang yang dapat diakses secara online dan tersimpan di sebuah server atau kartu chip. E-Money dapat dipergunakan untuk segala macam kebutuhan transaksi termasuk pembayaran, tagihan kartu kredit, pembayaran asuransi hingga penarikan uang secara tunai.

Ada beberapa manfaat dari penggunaan e-money, di antaranya:

  • 1 Lebih cepat dan nyaman dibandingkan dengan uang tunai, khususnya untuk transaksi yang bernilai kecil (micro payment), disebabkan nasabah tidak perlu menyediakan sejumlah uang pas untuk suatu transaksi atau harus menyimpan uang kembalian. Selain itu, kesalahan dalam menghitung uang kembalian dari suatu transaksi tidak terjadi apabila menggunakan e-money.
  • 2 Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu transaksi dengan e-money dapat dilakukan jauh lebih singkat dibandingkan transaksi dengan kartu kredit atau kartu debit, karena tidak harus memerlukan proses otorisasi on-line, tanda tangan maupun PIN. Selain itu, dengan transaksi off-line, maka biaya komunikasi dapat dikurangi.
  • 3 Electronic value dapat diisi ulang kedalam kartu e-money melalui berbagai sarana yang disediakan oleh issuer.