Mengenal WhatsApp Chatbot dan Keuntungannya bagi Pertumbuhan Bisnis

Istilah AI atau artificial intelligence pasti sudah tak asing lagi bagi Anda. Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, inovasi berbasis kecerdasan buatan ini menjadi pendukung bagi manusia dalam menjalankan kesehariannya di berbagai aspek, termasuk di dunia bisnis.

Dilansir dari IBM, teknologi AI mengacu pada kemampuan program komputer yang secara khusus dirancang untuk dapat meniru tingkah laku dan pola pikir manusia, seperti misalnya dalam mengenali objek, memahami penggunaan bahasa, membuat keputusan, hingga memecahkan masalah.

Tidak harus selalu berupa robot, berkat arus teknologi AI yang begitu pesat, salah satu penerapan lainnya bisa ditemukan dalam bentuk fitur chat yang kerap digunakan untuk mempermudah jalannya interaksi, yaitu dengan melalui WhatsApp Chatbot.

Mengenal apa itu WhatsApp Chatbot

Apabila fitur live chat pada layanan customer service umumnya memanfaatkan peranan manusia untuk berinteraksi secara langsung, tidak demikian dengan chatterbot atau yang lebih dikenal WhatsApp Chatbot. Karena pada dasarnya, WhatsApp Chatbot mensimulasi percakapan dalam bentuk teks atau audio layaknya manusia melalui perangkat digital. Tak heran jika teknologi ini dikenal dengan sebutan asisten digital bagi manusia karena kemampuannya untuk memproses informasi dan merespon pertanyaan dari pengguna.

Proses kerja WhatsApp Chatbot didorong oleh adanya beberapa cabang AI seperti natural language processing (NLP) serta machine reading comprehension (MRC) yang digabungkan dengan linguistik komputasi. Ketiga hal ini dapat membantu program komputer dalam menguasai dan menganalisis bahasa yang digunakan manusia, serta mengenali maksud dari teks atau suara. Dengan menyesuaikan kata kunci yang tertanam pada sistem, interaksi antara WhatsApp Chatbot dan penggunanya dapat berjalan.

Kemudahan yang ditawarkan WhatsApp Chatbot ini kemudian bisa dioptimalkan sebagai solusi cerdas untuk mendukung keperluan bisnis, terutama dalam menjembatani pihak penjual dengan pembeli.

Manfaat WhatsApp Chatbot bagi bisnis

Mungkin Anda pernah memanfaatkan layanan customer service dengan fitur live chat di suatu situs e-commerce dan aplikasi untuk sekedar menanyakan detail produk atau menyampaikan keluhan, sehingga Anda menjadi tertarik untuk menerapkannya dalam bisnis yang sedang dijalani. Di samping itu, kehadiran WhatsApp Chatbot juga tidak kalah unggulnya untuk dipertimbangkan keunggulannya sebagai alternatif.

1. Tersedia selama 24 jam

Sebagai garda terdepan dari sebuah bisnis, WhatsApp Chatbot dapat diandalkan selama 24 jam tanpa batas waktu untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan. Walaupun ada kemungkinan jika respon yang diberikan WhatsApp Chatbot tidak sepenuhnya sama seperti layanan manusia, tapi WhatsApp Chatbot tetap mampu secara efektif memberikan tanggapan instan, menjawab pertanyaan dasar, bahkan menyelesaikan keluhan dengan cepat.

2. Mempengaruhi kualitas customer experience

Efisiensi WhatsApp Chatbot membawa pengaruh bagi peningkatan kualitas customer experience. Bukan hanya dapat memberi tanggapan secara real time, pengaplikasian WhatsApp Chatbot juga dapat dipersonalisasi. Dengan mengandalkan data berupa profil dan perilaku para pengguna, atau riwayat pencarian produk, penggunaan WhatsApp Chatbot bisa menjadi lebih relevan.

3. Menghemat biaya layanan customer service

Dengan mengandalkan penggunaan WhatsApp Chatbot sebagai metode komunikasi antara Anda dan para pelanggan, pengeluaran biaya customer service dapat diminimalisir. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi mempekerjakan pegawai customer service.

Menurut Chatbots Magazine, biaya layanan customer service dalam suatu bisnis dapat berkurang hingga 30% jika menggunakan solusi percakapan berupa agen virtual dan WhatsApp Chatbot.

4. Meningkatkan perkembangan bisnis

Tersedianya WhatsApp Chatbot yang dapat membantu menangani kebutuhan pelanggan dengan baik dapat mempengaruhi performa dan reputasi bisnis, serta kepuasan pelanggan.

Berdasarkan hasil survey Intercom yang ditujukan pada 500 pelaku bisnis, penggunaan WhatsApp Chatbot berhasil meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 67% di tahun 2019.  Wujudkan uniknya pelayanan dalam bisnis Anda melalui penggunaan WhatsApp Chatbot.

Implement WhatsApp Chatbot Cepat, Aman dan Mudah dengan Qontak by Mekari

Qontak adalah perusahaan Omnichannel dan CRM nomor 1 yang ada di Indonesia. Ini juga merupakan Mitra Bisnis Resmi dari WhatsApp Business APU serta Messenger API dari Instagram.

Selanjutnya aplikasi Omnichannel CRM Qontak mengintegrasikan sejumlah media sosial atau emailnya ke dalam satu aplikasinya sehingga bantu agen customer service dapat bekerja lebih terkoordinasi.

Melalui satu akun bisnis, maka Qontak akan membantu para pelaku bisnis untuk menggunakan satu nomor WhatsApp kepada banyak pengguna atau WhatsApp Multiple Device.

Berikutnya, aplikasi ini merespon pelanggan secara otomatis dengan chatbot, centang hijau WhatsApp, serta pesan WhatsApp Blast.

Selain itu, juga dengan manfaat lain yang dapat meningkatkan pendapatan, kinerja bisnis, bahkan kinerja karyawan.

Penggunaan WhatsApp Chatbot Qontak memberi kemudahan penggunaan chanel teknologi. Mulai dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga perusahaan. Hal ini dapat memudahkan bisnis dalam menyambut tren digital di tahun 2022.

Keuntungan Menggunakan WhatsApp Chatbot Qontak

Terdapat berbagai keuntungan yang dapat pengguna peroleh dengan menggunakan aplikasi ini. Para pengguna akan mempunyai WhatsApp multi agen serta dapat mengatasinya dengan menggunakan fitur agen routing supaya lebih terkondisi.

Aplikasi ini telah terintegrasi dengan sistem CRM yang dapat menyimpan history percakapan dengan pelanggan serta memiliki fitur Auto responder.

WhatsApp Chatbot Qontak juga memperoleh kelengkapan chatbot yang dapat membalas pesan pelanggan secara otomatis.

Pengguna akan memperoleh centang hijau WA sehingga terverifikasi secara resmi. Terdapat pula enkripsi end-to-end secara lebih aman, mampu meningkatkan customer experience, serta kepercayaan pelanggan.

WhatsApp saat ini menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Selain memiliki potensi yang lebih baik, pemasaran sosial media juga akan mudah masyarakat akses.

Bahkan ini juga lebih hemat biaya yang mampu memberikan spektrum lebih luas. Alhasil, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan WhatsApp Chatbot Qontak sebagai sarana media pemasaran dan promosi.