Ini Cara Bayar Pajak Online Lewat Internet Banking BCA yang Mudah

Dengan kemajuan teknologi, kini semua kebutuhan bisa dilakukan lewat smartphone saja. Asalkan sudah terhubung internet, cukup dengan sekali klik saja maka sudah bisa terpenuhi dengan mudah. Seperti ketika ingin membayar pajak misalnya, kini sudah bisa dilakukan secara online. Untuk bayar pajak online, bagi nasabah BCA bisa menggunakan aplikasi mobile bankingnya. Cara ini terbilang sangatlah mudah dan praktis, tanpa harus meninggalkan aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

BCA tidak hanya melayani bayar pajak online untuk pajak penghasilan dan pajak tahunan saja. Namun juga memungkinkan Anda untuk membayar pajak rumah, pajak mobil, dan pajak motor. Tentunya fitur layanan dari BCA ini bisa Anda manfaatkan untuk membayar pajak dengan mudah, tanpa perlu repot-repot antri di kantor pajak.

Untuk pembayaran pajak lewat Internet Banking BCA, pastikan terlebih dahulu Anda sudah memiliki e-Billing. Untuk membuat e-Billing, tata caranya sebagai berikut:

  • Buka website resmi pajak.
  • Login ke akun Anda dengan memasukkan NPWP dan password yang sudah didaftarkan.
  • Pilih menu “Bayar”.
  • Pilih “e-Billing”
  • Isi formulir Surat Setoran Elektronik.
  • Jika sudah selesai, klik “Buat Kode Billing”.
  • Isi kode keamanan.
  • Akan muncul konfirmasi Surat Setoran Elektronik pada bagian layar.
  • Klik tombol “Cetak” agar mendapatkan format lembaran kode e-Billing.

Setelah memiliki e-Billing, maka selanjutnya Anda sudah bisa mulai melakukan pembayaran pajak menggunakan Internet Banking BCA atau yang dikenal juga dengan KlikBCA. Untuk cara pembayarannya bisa diikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser atau mobile banking BCA Anda untuk mulai login ke KlikBCA.
  2. Login dengan memasukkan User ID dan PIN Internet Banking BCA Anda.
  3. Pilih menu “Pembayaran”
  4. Kemudian pilih “Pajak”.
  5. Pilih jenis pajak yang “Penerimaan Negara”.
  6. Masukkan kode e-Billing yang sudah diperoleh sebelumnya.
  7. Akan muncul layar konfirmasi yang memperlihatkan Billing Anda.
  8. Jika data di lara sesuai, maka bisa masukkan PIN Anda.
  9. Transaksi sudah selesai, pastikan Anda simpan bukti pembayarannya.

Untuk tata caranya cukup mudah dan bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Tentunya cara ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan harus mendatangi kantor pajak secara langsung. Dengan menggunakan internet banking BCA untuk pembayaran pajak, berikut ini setidaknya keuntungan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  • Mempermudah pengisian data saat pembayaran pajak.
  • Menghindari kesalahan yang kemungkinan terjadi saat membayar pajak secara manual.
  • Lebih hemat waktu, karena Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk datang mengantri ke kantor pajak.
  • Lebih ramah lingkungan, karena dengan menggunakan Internet Banking BCA bisa mengurangi pemakaian kertas saat proses membayar pajak.
  • Mempermudah wajib pajak untuk selalu memantau status pembayaran pajaknya secara mandiri sewaktu-waktu.

Untuk saat ini pembayaran berbagai pajak baru tersedia di KlikBCA. Sedangkan untuk mobil banking m-BCA baru bisa digunakan untuk membayar pajak PBB secara online. Caranya cukup mudah dan tidak begitu rumit. Itu tadi sedikit informasi mengenai cara bayar pajak online lewat BCA.

Pastikan Anda sudah mendapatkan kode e-Billing terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran pajak. Jika Anda sudah memiliki KlikBCA, namun belum ada fitur untuk membayar pajak, maka bisa menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk KlikBCA Individu. Sedangkan untuk KlikBCA Bisnis bisa menghubungi Halo Layanan KlikBCA Bisnis di 1500777. Jika sebelumnya belum memiliki KlikBCA Individu, maka bisa melakukan registrasi dulu di ATM BCA dan menelepon Halo BCA di 1500888 agar mendapatkan KeyBCA yang digunakan untuk bertransaksi keuangan.