Diarepedia Memberikan Cara Penyembuhan Diare dengan Obat yang Tepat

Diare dapat terjadi karena berbagai faktor baik karena makanan yang tidak sehat, makanan yang telah tercemar dengan kuman yang menyebabkan diare, maupun karena kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan diare. Sehingga untuk mengatasi diare biasanya perlu untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Hal tersebut akan lebih mudah untuk mengatasi dan memilih jenis penyembuhan diare yang perlu diberikan dengan tepat untuk menyembuhkan diare. Ketika mengalami diare bisa diberikan obat anti diare yang akan dapat memperlambat kondisi ketika mengalami diare yaitu feses cair dan buang air besar berulang-ulang.

Berikut ini adalah beberapa cara penyembuhan diare dari Diarepedia  yang bisa kamu lakukan:

  1. Pertama adalah dengan menggunakan obat diare yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Pilih obat tersebut tergantung dari kandungannya dan juga kondisi yang akan mengkonsumsinya seperti untuk ibu hamil atau anak kecil. Perhatikan aturan nya sehingga bisa mendapatkan manfaat obat tersebut dan menghindari efek samping yang bisa dirasakan dari obat tersebut.
  2. Selanjutnya bisa untuk memilih bahan alami yang ampuh dan dikenal dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit diare secara alami.
  3. Kamu Juga bisa memperhatikan makanan yang cocok dikonsumsi selama diare dengan manfaat untuk membuat feses bisa padat.
  4. Pastikan juga untuk minum oralit ketika diare untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

Akan tetapi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kamutetap perlu untuk mengetahui penyebab diare terlebih dahulu sehingga lebih mudah untuk mengatasinya. Karena ada banyak sekali penyebab seseorang bisa mengalami diare. Di dalam setahun juga biasanya bisa mengalami diare yang bisa terjadi karena faktor-faktor berikut ini:

  • Diare paling sering terjadi karena keracunan makanan yang sudah terkontaminasi dengan kuman penyebab diare seperti e.coli dan salmonella.
  • Infeksi virus, bakteri, ataupun parasit.
  • Bisa terjadi karena alergi makanan bahan tertentu dan intoleransi laktosa.
  • Karena terjadinya peradangan saluran pencernaan.
  • Akan lebih mudah bagi yang menderita penyakit celiac, crohn, atau inflammatory bowel disease.
  • Pertumbuhan polip pada usus.
  • Gangguan penyerapan makanan.

Untuk mengatasi diare, langkah mudah yang bisa dipilih adalah dengan memilih obat yang dapat mengatasi penyebabnya dan menyembuhkan diare. Salah satunya adalah loperamida yang bermanfaat untuk mengatasi diare berkepanjangan.

Obat ini bisa dipilih bagi yang mengalami diare karena kondisi penyakit yang dipunyai yaitu crohn, radang usus, dan IBS. Manfaat obat ini dapat memperlambat gerak feses sehingga dapat memadat. Untuk mendapatkan obat ini bisa dibeli secara langsung di apotek atau dengan resep dokter.

Adapun aturan minum untuk mengkonsumsi obat ini adalah:

  • Bagi usia 2-5 tahun cukup mengonsumsinya 1 mg sekali minum dan maksimalnya 3 mg sehari.
  • Bagi usia 6-8 tahun mengonsumsinya 2 mg sekali minum dan maksimalnya 4 mg sehari.
  • Bagi usia 9-12 tahun bisa mengonsumsinya 2 mg sekali minum dan maksimalnya 6 mg sehari.
  • Bagi usia 13 tahun ke atas bisa mengonsumsinya 4 mg saat feses encer, dan 2 mg dengan dosis maksimalnya 16 mg sehari.

Jenis obat selanjutnya yang bisa dipilih untuk diare adalah bismuth subsalicylate. Obat ini merupakan obat dengan sifat anti diare dan anti peradangan. Fungsinya adalah dapat untuk menghambat penyebaran bakteri yang menyebabkan diare.

Cara kerja obat ini dapat untuk mengurangi kandungan air di dalam feses sehingga membuatnya lebih padat. Kamu perlu mengonsumsi obat ini di bawah pengawasan dokter sehingga bisa meminta dosis yang tepat untuk obat ini.