Facebook, salah satu jejaring sosial terbesar di dunia, menerapkan darkish mode di aplikasinya. Namun demikian, fitur mode gelap tersebut baru ada pada aplikasi versi Lite-nya. Aplikasi utama Facebook sendiri belum mempunyai darkish mode, meskipun kawan-kawanya sudah mempunyai mode tersebut. Misalnya seperti Instagram, Messenger, dan WhatsApp.

Meski demikian, paling tidak Facebook telah mempunyai mode tersebut meski hanya pada versi Lite. Pada mode ini, Facebook Lite akan mempunyai warna tema gelap pada hampir seluruh aplikasinya, dari mulai feed, profile, sampai setting.

Tombol untuk mengaktifkan mode gelap ini ada pada bagian pengaturan aplikasi. Namun yang perlu diingat, mode ini akan tersedia untuk pengguna secara bertahap, jadi tak semua penggunanya langsung bisa menikmati mode gelap tersebut.

Warna gelap yang dipakai di Facebook Lite ini bukan hitam melainkan abu-abu gelap, sama seperti hampir semua mode gelap pada aplikasi buatan Google. Pilihan warna abu-abu ini membuat perangkat dengan layar OLED ataupun AMOLED tidak bisa mengambil keuntungan pada sisi konsumsi baterai.

Pasalnya pada panel tersebut, pixelnya akan tetap menyala jika menampilkan warna abu-abu, sementara pada warna hitam pixelnya akan mati dan bisa menghemat konsumsi daya baterai.

Baca Juga :

Facebook Lite sendiri adalah aplikasi Facebook yang fungsi utamanya tetap ada namun sejumlah fiturnya disunat serta animasi yang lebih sedikit.

Di sisi lain, dark mode atau mode gelap kini sudah menjadi sebuah fitur yang semakin menarik perhatian pengguna. Sebab, selain nyaman di mata, fitur ini dipercaya dapat membuat baterai perangkat jadi lebih tahan lama. Apalagi sejak dirilisnya sistem operasi Android 10 dan iOS thirteen, fitur darkish mode pun semakin banyak diadopsi oleh para pengembang aplikasi.

Berdasarkan pantauan, mode gelap ini hadir pada Facebook Lite versi 185.0.zero.6.118. Fitur ini akan secara otomatis dapat ditemukan pada menu “setelan” setelah pengguna melakukan pembaruan. Untuk bisa mencobanya, pengguna harus terlebih dahulu mengunduh versi terbaru dari Facebook Lite.

Setelah diunduh, pengguna bisa langsung mencoba tampilan darkish mode dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Untuk mengaktifkan darkish mode, pengguna cukup menekan ikon tiga garis vertikal yang ada di pojok kanan atas aplikasi Facebook Lite. Kemudian gulir ke bawah hingga menemukan menu darkish mode.

Aktifkan tombol tersebut dan secara otomatis tampilan Facebook akan berubah menjadi gelap. Seperti yang telah dijelaskan di atas, fitur dark mode pada Facebook Lite ini akan membuat warna tampilan didominasi oleh abu-abu kehitaman sebagai warna background dan warna putih pada bagian teks.