Daftar Bisnis Tanpa Modal Yang Menguntungkan Di Tahun 2020

Pada tahun 2020 memang banyak kejadian yang tidak terduga terjadi. Contohnya adalah seperti pandemi saat ini. Banyak karyawan yang di PHK (Putus Hubungan Kerja) dan pedagang kecil yang penghasilannya berkurang karena adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Hal ini menjadikan masyarakat harus memutar otak demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu solusinya yaitu mendirikan bisnis dengan modal yang minim bahkan tanpa modal. Terdengar sulit memang, namun bisnis tanpa modal dapat dijalankan.

Tidak mudah untuk melakukan bisnis tanpa modal ini pada awalnya. Anda harus terus memikirkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Dengan perkembangan teknologi kini semua orang terbantu karena kehadirannya. Begitu juga dengan dunia bisnis. Sekarang banyak menjamur bisni-bisnis online yang hanya bermodalkan smartphone dan internet. Serta adanya E-commerce yang juga menyediakan tempat untuk orang-orang melakukan bisnis online.

Bagi warga Semarang dan sekitarnya kini sangat mudah menemukan untuk CCTV di mana saja. CCTV Semarang tentu akan memudahkan masyarakat Semarang yang membutuhkan camera CCTV, baik untuk kebutuhan rumahnya maupun tempat-tempat lain. Seperti misalnya daerah pertokoan, pusat perbelanjaan, ATM center, tempat parkir, sekolah dan masih banyak lagi.

Nah ketika sudah membeli kamera CCTV, tentu pemilik harus benar-benar memperhatikannya dan melakukan perawatan agar produk tersebut bisa awet digunakan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips penting saat itshop.co.id merawat kamera CCTV.

Selain bisnis online ternyata terdapat bisnis tanpa modal lain yang menguntungkan di tahun, 2020. Memang bisnis-bisnis tersebut tetaplah mengandalkan web dan gadget. Pemanfaatan gadget dan internet sangatlah penting pada era sekarang. Contoh bisnis tanpa modal yang menguntungkan di 2020 adalah dropshipper, reseller, blogger, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja bisnis tanpa modal yang menguntungkan di 2020 maka simaklah pembahasan berikut ini.

Konsep Memulai Bisnis Tanpa Modal

Keterbatasan modal bukanlah sebuah hambatan yang besar untuk tetap optimis menjadi memulai bisnis dengan keuntungan yang besar. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk membangun usaha walaupun dengan modal yang terbatas tentunya harus mampu mengkombinasikan keterampilan, etos kerja serta taktik pemasaran yang baik. Adapun pernyataan menurut ahli bisnis, konsep bisnis tanpa modal ada tiga yaitu :

* Menjual Kembali
Pertama adalah menjual kembali. Memang membuat ide baru untuk memulai bisnis terbilang cukup susah. Solusinya adalah menjual kembali produk yang sudah ada. Sebagai contohnya adalah telah banyak pengusaha berhasil meraih sukses hanya dengan melakukan jual beli produk saja tanpa harus membuat produk itu sendiri. Jangan khawatir dengan modal yang minim Anda tidak dapat menjalankan bisnis ini. Sekarang era nya teknologi, Anda dapat memanfaatkan media sosial atau E-commerce untuk berbisnis tanpa menyewa tempat. Selain terkenal dengan modal yang kecil, strategi berbisnis dengan memanfaatkan web ternyata lebih efektif sebab memiliki jangkauan cukup luas tanpa batas dan relatif lebih cepat.

* Menawarkan Jasa
Kedua adalah menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki atau dikuasai. Sebelum melakukan hal ini tentunya harus melihat latar belakang serta ardour yang dimiliki sehingga nantinya akan dapat terlihat lebih profesional dalam bidang tersebut. Sebagai bentuk contoh paling sederhana, seorang ibu rumah tangga yang sudah berpengalaman mengasuh dan menjaga anak anaknya, sedangkan di sisi lain tidak memiliki aktivitas lain diluar rumah, maka kesempatan atau peluang bisnis tanpa modal yang bisa dibidik seperti menawarkan jasa penitipan anak, bimbingan belajar dan masih banyak lagi.

* Menciptakan Sesuatu
Hal ini mungkin akan sedikit sulit untuk memulainya karena memang menciptakan sesuatu yang baru memerlukan pemikiran dan proses yang lama. Bahkan untuk bisa menciptakan sesuatu dalam hal ini adalah produk selalu membutuhkan dana anggaran atau modal usaha guna menyediakan bahan baku keperluannya. Keuntungan menciptakan sesuatu yang baru adalah nilai jual yang nantinya akan diperoleh tetap akan lebih besar dari ongkos pembuatan produk tersebut.

Baca Juga : Daftar Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah dan Menguntungkan

Keuntungan Memulai Bisnis Tanpa Modal

Di luar sana masih banyak orang yang ragu memulai bisnis dengan tanpa modal sama sekali. Hal ini dikarenakan bisnis yang tanpa modal dianggap akan sulit berkembang dan juga keuntungannya tidak seberapa. Padahal jelas hal tersebut tidak benar karena ada banyak orang yang berhasil menjalankan bisnis tanpa modal. Berikut ini beberapa alasan mengapa sebaiknya menjalankan bisnis tanpa modal:

* Menghindari Kerugian Materi
Untuk Anda yang ingin berbisnis namun tidak ingin mengambil resiko kerugian, maka jenis bisnis yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Memulai bisnis tanpa menggunakan modal artinya menjalankan bisnis tanpa resiko kerugian yang berarti. Jika ternyata bisnis yang dijalankan tidak berjalan lancar setidaknya tidak ada kerugian materi yang harus ditanggung. Hal ini juga akan menghindarkan pebisnis dari jerat hutang yang tidak dibutuhkan.

* Mendapatkan Keuntungan Maksimal
Terdapat prinsip bisnis yaitu menggunakan modal sekecil-kecilnya dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Modal paling kecil dalam bisnis tentu saja nol rupiah. Dengan modal yang kecil ini maka pebisnis lebih memungkinkan mendapatkan keuntungan. Semua hasil pendapatan bisnis merupakan laba bersih tanpa adanya pemotongan untuk modal awal. Pebisnis akan jauh lebih mudah memanajemen keuangan selanjutnya.

* Mengurangi Beban Saat Berbisnis
Pebisnis yang menjalankan bisnis dengan tanpa modal pasti akan jauh lebih berani dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan pebisnis tersebut tidak memiliki beban yang berarti. Beban ini bisa berupa berapa jumlah atau target keuntungan yang harus didapatkan untuk menutupi jumlah modal yang dikeluarkan. Tanpa beban yang berarti maka bisnis bisa jauh berkembang pesat.

* Tidak Bergantung Pada Sumber Modal
Bisnis yang dimulai sendiri tanpa menggunakan modal jauh lebih bebas dan tidak terikat pada pihak manapun termasuk pada pihak pemberi modal. Sudah ada banyak contoh bisnis yang gulung tikar hanya karena bermasalah dengan pihak sumber modalnya. Contohnya usaha-usaha yang gulung tikar karena asetnya disita financial institution akibat tidak mampu melunasi modal awal yang dipinjam dari financial institution.

Baca Juga : Cara Cek IP Address Komputer, Laptop, dan HP (Smartphone) dengan Mudah

Bisnis Tanpa Modal yang Menguntung di 2020
Pada tahun 2020 terdapat peluang bisnis tanpa modal yang dapat Anda lakukan. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa ini tidak mungkin terjadi, namun kenyataanya ada. Sebagai orang yang hidup di zaman serba canggih ini Anda juga perlu menyesuaikan diri termasuk dalam dunia bisnis. Berikut ini bisnis tanpa modal yang dapat Anda coba yaitu :

* Dropship Toko Online
Untuk Anda yang tertarik dengan berjualan online sebagai bisnis tanpa modal, maka wajib mencoba dropship di toko online. Anda dapat mencari tahu terlebih dulu, barang-barang apa yang laku atau sedang dicari pembeli. Kemudian hubungi toko atau penjual barang tersebut dengan sistem dropship. Dalam sistem dropship, Anda menjadi seorang distributor yang menghubungkan penjual dan pembeli. Jadi, tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. Oleh sebab itu, dropship merupakan salah satu bisnis tanpa modal yang menguntungkan.

* Blogger/Vlogger
Pekerjaan ini memang sedang populer sekarang. Dengan mengandalkan gadget dan kemampuan mengolah kata yang membuat orang tertarik lalu dapat menghasilkan uang dari itu. Menjadi seorang blogger tidak jauh berbeda dengan penulis, Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Namun, blogger juga harus memiliki ciri khas yang membuat blog miliknya diminati. Selain artikel blog juga memuat foto atau gambar sebagai pelengkap. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari visitors pengunjung yang tinggi, iklan, endorsement, atau undangan liputan. Nah, tren yang kini sedang terjadi adalah blogger merangkap sebagai vlogger. Hanya saja, vlogger lebih banyak bercerita lewat gambar. Jadi Anda harus pintar-pintar membuat konten yang menarik secara visible secara kreatif. Jika Anda sudah mampu melakukan ini, ada berbagai penghasilan yang bisa diperoleh.

* Pengembang Software
Bertambahnya pengguna smartphone pada era teknologi saat ini merupakan peluang besar untuk Anda merambah pada dunia bisnis online. Selain bisnis yang disebutkan di atas, ada lagi bisnis online terbaik berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu menjadi seorang pengembang software program. Bisnis pengembang software program yang dimaksud ini adalah bisnis untuk Anda yang memang ahli dalam hal pemrograman. Anda bisa membuat sebuah software program yang menarik dan unik kemudian dijual kepada perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. Contoh software program sederhana yang bisa Anda buat adalah seperti membuat game. Setelah game yang dibuat tersebut selesai dibuat, maka bisa Anda jual ke perusahaan berbasis teknologi yang memang memerlukannya. Selain itu bisa pula menjadi pengembang software program, freelancer, dimana Anda membantu sebuah perusahaan untuk dibuatkan software program yang menunjang kemajuan perusahaan. Entah itu dari pengembangan software komunikasi, keuangan, keamanan, dan lain sebagainya. Jika anda adalah seorang developer, Anda bisa mencari project di project(dot)co(dot)id, silahkan kunjungi di situs untuk mendaftar. Salah satu software program yang termahal di dunia adalah CryEngine 2 yang merupakan mesin game untuk komputer first individual shooter game far cry. Software tersebut disinyalir sebagai perangkat yang paling mahal dalam waktu beberapa tahun ini. Belakangan game ini menjadi populer karena digaet oleh NVIDIA untuk sebuah permainan yang cukup booming. Harga software program tersebut dibanderol dengan harga 200,000 USD. Intinya, dalam mengembangkan bisnis online software ini harus memiliki keberanian untuk mencoba. Bisa jadi, apa yang Anda buat hari ini akan berguna di masa depan.

* Penerjemah
Keahlian berbahasa asing memang masih sedikit dimiliki oleh orang. Namun banyak perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut. Sehingga membuat sebuah perusahaan atau lembaga sangat memerlukan orang berkompeten mengerti dan memahami bahasa asing tersebut. Biasanya mereka sangat memerlukan penerjemah baik itu untuk bertemu langsung atau sekedar menerjemahkan naskah, proposal, dan dokumen lainnya yang bersifat penting. Nah, dari sinilah peran seorang penerjemah sangat diperlukan. Sehingga untuk Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang bahasa asing bisa dijadikan sebuah peluang bisnis online yang menjanjikan. Untuk praktek pelaksanaannya memang banyak dilakukan secara offline. Namun untuk memasarkannya bisa dengan online lewat media sosial. Anda bisa mempromosikan diri dengan membuat sebuah portofolio yang merekam jejak menerjemah yang pernah Anda lakukan. Selain lewat media sosial, Anda pun bisa memasukkan data diri lewat situs-situs penghubung antara yang memiliki keahlian dengan klien. Situs yang dimaksud antara lain adala sribulancer(dot)com, project(dot)co(dot)id, onehourtranslation, dan juga fiverr(dot)com. Ruang lingkup pekerjaan seorang penerjemah pun beragam, diantaranya adalah menerjemahkan sebuah buku, dokumen, naskah, dan lain sebagainya yang memang bisa dikerjakan secara online. Selain itu ada pula perusahaan yang memerlukan penerjemah ketika berhadapan dengan klien asing. Maka secara otomatis, ruang lingkup kerja yang bisa dilakukan adalah secara offline bukan online.

Baca Juga : Apa itu Deep web : Pengertian, Dampak, Bahaya, dan Tujuannya

Kesimpulan dan Penutup
Itulah penjelasan mengenai konsep, keuntungan serta contoh dari bisnis tanpa modal itu sendiri. Banyak sekali sebenarnya jenis bisnis yang dapat Anda lakukan. Tetapi, perlu diingat bahwa niat dan konsisten itu merupakan kunci utama. Lihat potensi dalam diri Anda yang dapat dikembangkan sebagai bisnis. Untuk dapat melihat potensi tersebut maka seringlah mencoba sesuatu hal yang Anda sukai atau hal baru yang Anda temui.

Beberapa contoh bisnis tanpa modal diatas adalah menjual jasa atau kemampuan yang dimiliki oleh diri Anda. Maka dari itu sangat penting memiliki keahlian dalam suatu bidang. Mungkin dulu Anda menganggap kemampuan tersebut tidak berguna namun dengan pemanfaatan dan penyesuaian yang bagus, kemampuan tersebut dapat menjadi sesuatu yang besar. Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah pendapat dari orang sekitar Anda. Mintalah pendapat mereka sebagai penyempurna ide bisnis Anda agar menjadi baik dan tidak salah langkah untuk memulai.