Curiga Pasangan Anda Selingkuh Lewat Facebook? Pelajari 7 Tandanya!

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak sedunia. Sayangnya, beberapa pernikahan bisa hancur karena pasangannya selingkuh lewat Facebook. Pasalnya, Facebook bisa menjadi tempat untuk bertegur sapa dengan teman lama atau pun medium untuk mendapatkan kenalan baru. Nah, dari fasilitas itu juga, tidak jarang seorang yang sudah memiliki pasangan pun akan tergoda untuk menjalin hubungan baru melalui sosial media tersebut.

Pernyataan di atas tak main-major. Sebuah riset dari situs kencan Ashley Maddison yang dikutip Kompas mengungkapkan bahwa banyak orang yang mengawali aktivitas selingkuh lewat Facebook.

Sekalipun sebagian besar hanya sekedar pacar di dunia maya, tentu saja hal itu termasuk perselingkuhan. Para tukang selingkuh ini biasa berkomunikasi dengan pacar mereka di atas jam 10 malam.

Tak hanya sekedar sering menyukai foto selingkuhannya, mereka juga menggunakan fasilitas berkirim pesan, mengirim gambar, dan bahkan video call.

“Orang-orang selingkuh lewat Facebook karena bisa dengan mudah menghapus percakapan, menggunakan Facebook, dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di sana,” ujar laporan tersebut.

Sekarang masalahnya adalah, apakah pasangan Anda termasuk yang selingkuh lewat Facebook? Perhatikan 7 tanda berikut ini:

1. Dia selalu on-line Facebook, terutama malam hari
Orang yang selingkuh lewat Facebook selalu memanfaatkan waktu mereka untukchatting.Anda bisa mendapatinya selalu sibuk di Facebook dibanding aplikasi lain di HP-nya.

2. Ia memasang password ganda untuk Facebooknya
Di beberapa ponsel memang menyediakan fungsi password ganda. Password pertama untuk ponsel, password kedua untuk aplikasi.

Jangan harap dia mau terbuka soal passwordnya pada Anda. Soal password ini juga bisa jadi awal pertengkaran suami-istri.

3. Sering replace foto atau menulis standing
Orang yang sedang menjalin hubungan di Facebook biasanya melakukan tindakan cari perhatian (caper) dari pacar mayanya. Misalnya ia mendadak jadi seringupdatelokasi, foto, standing, maupun sekedar video.

Masalahnya, semua postingan Facebooknya tidak melibatkan Anda. Seolah Anda tak ikut andil di dalam kegiatannya sehari-hari.

four. Dia tak memperbolehkan Anda untuk meminjam HP-nya
Ia akan merasa terganggu jika Anda memegang HPnya. Bahkan tak jarang ia berceramah tentang pentingnya menjaga privasi dan saling percaya.

Jika Anda ngotot ingin mengintip HP-nya, ia akan marah atau justru akan menasehati Anda untuk tak ikut campur urusannya. Beberapa orang memang pintar menyembunyikan intriknya di depan orang terdekatnya.

5. Dia on-line terus, tapi tak ada aktivitas di Facebooknya
Kebalikan dari poin three, tampak on-line terus tapi tak ada postingan apa-apa juga termasuk hal yang mencurigakan. Karena ia tak beraktivitas di beranda seperti orang lainnya, melainkan menghabiskan waktunya hanya di inbox Facebook.

Artikel terkait: 10 tanda lelaki tukang selingkuh yang wajib Anda waspadai.

6. Punya lebih dari satu akun Facebook
Jika pekerjaannya bukanbuzzermedia sosial, seseorang yang punya banyak akun Facebook itu merupakan hal yang tak wajar. Apalagi jika pasangannya tidak boleh berteman di akun Facebooknya yang lain.

Apabila seseorang memang jujur, sekalipun ia memiliki beberapa akun Facebook karena tuntutan pekerjaan, ia tak akan bersikap sembunyi-sembunyi dari pasangannya.

7. Ia selalu menyembunyikan HP-nya saat Anda ingin mengintip percakapannya
Kebanyakan orang yang selingkuh lewat Facebook akan mulaichattingtengah malam. Tak heran, jika Anda terbangun di tengah malam, Anda akan mendapati pasangan tampak asyik dengan HP-nya.

Namun saat Anda bertanya tentang apa yang sedang dilakukan olehnya, ia akan langsung menjauhkan HP-nya dan mencari alasan macam-macam. Pasangan yang jujur akan langsung memperlihatkan apa yang sedang ia saksikan di layar ponselnya.

Banyak orang yang menganggap bahwa selingkuh di dunia maya bukanlah perselingkuhan yang sebenarnya karena tak bertemu secara fisik. Namun tetap saja perbuatan tersebut sudah termasuk major hati yang akan menyakiti pasangan.

Jangan korbankan pernikahan Anda untuk orang yang hanya Anda kenal lewat profil Facebooknya. Ada banyak orang yang membuat profil Facebook palsu untuk tujuan jahat.

Apapun godaan yang ada di sekitar Anda, cobalah bersikap setia pada pasangan. Karena hanya kepada dialah, Anda mengikat komitmen di hadapan Tuhan dan masyarakat.

Baca juga:
> 15 tanda selingkuh kecil yang dilakukan oleh pasangan Anda

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga skilled di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.