15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda dengan Modal 1 Juta – Memulai bisnis merupakan satu tantangan berat dan terdengar menakutkan. Ide bisnis pun tidak datang dengan mudah dan kadang belum sesuai dengan keadaan maupun modal yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang sedang mengalami kebingungan tersebut, jangan khawatir! Yuk simak 15 ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal Rp1 Juta berikut! Siapa tahu ide bisnis kreatif modal minim di bawah ini bisa Anda jalani, meski saat ini Anda sedang full time kerja kantoran.

15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda dengan Modal 1 Juta
1. Jual Beli Barang Bekas

Punya barang bekas ospek yang sudah tidak terpakai? Atau baju dan buku-buku sekolah maupun kuliah yang sudah tidak dibaca lagi? Saatnya Anda manfaatkan kelebihan barang-barang tersebut.

Baca juga: 29 Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim yang Bisa Anda Rintis

Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, Anda dapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone Anda, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang Anda ke tempat jasa pengiriman.

Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak Anda gunakan. Manfaatkan handphone Anda untuk memotret produk Anda dengan baik. Anda bisa buat akun media sosial maupun situs khusus seperti carousell.com.

2. Jasa Dropship Barang

Ini dia ide bisnis kreatif untuk anak muda selanjutnya. Bisnis dropship bisa dibilang juga bisnis tanpa modal. Dengan menjalani bisnis ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Modal utama dalam usaha ini adalah kemampuan Anda dalam memasarkan suatu produk. Namun, jenis usaha ini juga tidak boleh disepelekan.

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula

Untuk menjadi dropshipper yang baik, Anda harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan cermat dalam memilih provider yang terpercaya. Dengan menguasai kemampuan tersebut, Anda bisa terus meningkatkan reputasi Anda sebagai dropshipper.

3. Jual Makanan Sarapan di Rumah

Dari anak sekolah hingga pekerja, tentunya butuh yang namanya asupan makan pagi. Namun, tak sedikit juga yang tidak sempat menyediakan makanan tersebut.

Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis aneka menu sarapan seperti bubur, nasi uduk, dan lontong sayur. Untuk tempat jual beli, Anda cukup menata meja dan makanan di halaman rumah Anda.

Baca juga: Ide Bisnis Makanan Ringan dari Berbagai Camilan Khas

Modal untuk memulai usaha ini, untuk bahan baku makanannya sendiri bisa membutuhkan paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur Anda sudah lengkap.

Untuk menjaga efektivitas penggunaan dana, usahakan untuk survei bahan baku dengan harga paling terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baik.

Tertarik menjalani ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini?

4. Jasa Pengetikan

Jika Anda memiliki laptop dan web yang memadai di rumah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan membuka jasa pengetikan. Apalagi jika tempat tinggal Anda berada di lingkungan kampus maupun sekolah, dijamin jasa Anda akan banyak dibutuhkan oleh murid dan mahasiswa di sekitar Anda.

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Untuk memulai bisnis ini, sangat memungkinkan untuk mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta, terutama bagi Anda yang sudah memiliki laptop atau notebook yang memadai.

Jika Anda belum memiliki keduanya, Anda bisa coba survei harga laptop second atau notebook murah dengan harga dibawah Rp1 juta dan membelinya untuk memulai usaha Anda.

5. Jasa Print

Selain jasa pengetikan, jasa print juga sangat dicari-cari oleh banyak kalangan, baik murid sekolah, mahasiswa, maupun kebutuhan karyawan kantor.

Jika Anda sudah memiliki alat print yang memadai, Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara menambahkan stok tinta bermodal sekitar Rp150.000 hingga Rp500.000 serta stok kertas dengan modal sekitar Rp56.000 hingga Rp200.000.

Baca juga: Berniat Memulai Bisnis Usaha Percetakan? Ikuti Tips Berikut Ini

Jika Anda belum memiliki printer yang memadai, Anda bisa survei harga printer dalam kisaran Rp400.000 hingga Rp600.000. Seiring berkembangnya bisnis, Anda bisa terus memperbaiki kualitas kertas, tinta, dan alat cetak sesuai dengan keuntungan yang Anda raih.

6. Jasa Penulis Artikel Lepas

Punya hobi menulis namun tidak punya waktu untuk aktif posting artikel weblog? Anda bisa jadikan kemampuan menulis Anda dengan jadi penulis lepas atau freelance author.

Penggunaan artikel blog atau website dalam mempromosikan bisnis yang semakin tinggi dan membuat usaha penulis lepas memiliki peluang yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini, jika Anda sudah memiliki gadget dan web yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan sepeserpun.

Baca juga: 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

Namun, Anda perlu memiliki keahlian menulis dan memahami dasar-dasar search engine optimization (Search Engine Optimization). Pendapatan yang akan Anda hasilkan juga cukup menjanjikan. Untuk pembuatan artikel web, menurut institutpenulis.id, Anda bisa mematok harga sekiranya Rp330 per kata.

7. Budidaya Bibit Tanaman

Ide bisnis kreatif untuk anak muda di atas belum ada yang cocok? Bagaimana dengan yang satu ini? Ya, budidaya tanaman bibit.

Budidaya bibit tanaman memiliki potensi usaha yang baik untuk dijalankan. Bibit yang bisa Anda tanam di antaranya aneka jenis cabe, tomat, terong, dan aneka sayuran, bumbu dapur, dan jenis buah lainnya.

Modal yang Anda butuhkan untuk usaha ini masih berkisar dalam harga 1 juta rupiah. Optimalkan modal Anda dengan memilih bibit, pupuk, serta pot dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Sisihkan juga modal untuk biaya transportasi Anda. Agar produk Anda terjual dengan baik, kreasikan penataan tanaman Anda dengan indah supaya menarik perhatian saat dipromosikan melalui media sosial.

8. Jual Pulsa Elektrik

Berjualan pulsa elektrik bisa jadi pilihan ide bisnis kreatif untuk anak muda. Meski kini sudah banyak aplikasi yang mendukung fasilitas pengisian pulsa, tidak sedikit pula orang-orang yang tidak ingin susah instal aplikasi atau mencari alternatif pembayaran pulsa yang lebih murah.

Usaha ini cocok jika Anda adalah mahasiswa yang sedang mencari penghasilan sambilan. Anda bisa tawarkan produk ini dengan keluarga, tetangga, maupun kerabat Anda.

Baca juga: 5 Tips Sukses Jalankan Bisnis Pulsa dengan Modal Minim

Modal yang Anda perlukan berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp1 juta. Pilihlah distributor pulsa yang terpercaya agar Anda dapat berbisnis dengan lancar, atau manfaatkan aplikasi jual pulsa yang bisa Anda unduh dari smartphone Anda.

9. Jasa Asisten Virtual

Jika Anda sedang mencari penghasilan tambahan atau mencari pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, Anda bisa mencoba ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini. Ya, menjadi asisten digital.

Jasa asisten digital meliputi pekerjaan seperti mengecek dan membalas e-mail, melakukan riset, mengatur jadwal pertemuan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan Penghasilan yang didapat seorang asisten digital biasanya berdasarkan periode kontrak atau jam kerja. Untuk menjadi tenaga asisten digital, Anda perlu memiliki keahlian bahasa asing, laptop, smartphone, dan sambungan web yang stabil.

Anda bisa memulai usaha ini dengan dana kurang dari Rp 1 juta dengan asumsi Anda sudah memiliki gadget yang memadai.

10. Usaha Snack Kemasan

Peluang usaha kuliner di Indonesia termasuk cukup besar. Jika Anda tidak memiliki modal banyak, jangan khawatir. Anda bisa mulai usaha kuliner dengan menjual snack kemasan.

Dengan modal Rp 1 juta, Anda sudah bisa membeli bahan baku awal, serta kemasan plastik serta desain sederhana untuk kemasan makanan Anda.

Baca juga: 18 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Kaum Milenial

Agar penjualan Anda optimal, Anda bisa promosikan snack kemasan Anda melalui akun media sosial maupun media chat pribadi ke saudara maupun kerabat Anda. Jika penjualan Anda berjalan baik, seiring waktu Anda bisa mengembangkan kualitas snack serta kemasannya.

11. Bisnis Tas Handmade/Daur Ulang

Suka menyalurkan kreativitas dengan kerajinan tangan? Bisnis tas handmade bisa jadi peluang bisnis modal kecil yang cocok bagi Anda.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada Dengan modal Rp1 juta, Anda sudah bisa membeli bahan baku untuk puluhan tas dan membayar jasa konveksi untuk pembuatannya. Modal Anda bisa lebih diminimalisir jika Anda menggunakan bahan-bahan daur ulang seperti kain perca ataupun inovasi lainnya yang tersedia di rumah Anda.

Wah, ide bisnis kreatif untuk anak muda yang sangat menarik, ya!

12. Jual Aneka Kue Rumahan

Menjual kue rumahan bisa jadi pilihan bisnis modal Rp1 juta untuk Anda. Jenis kue yang Anda jual bisa seputar donat, bolu, kue ulang tahun, pastel, cupcake, dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini, Anda membutuhkan modal dalam kisaran Rp500 ribu hingga Rp1 juta, bergantung pada kuantitas kue dan pilihan jenis kue yang Anda jual. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa lakukan baik secara offline maupun online.

Baca juga: 23 Ide Bisnis Sampingan Terbaik Sebagai Sumber Pendapatan Pasif

Secara offline, Anda bisa mulai dengan menitipkan kue buatan Anda ke warung-warung terdekat. Secara online, Anda bisa mulai dengan promosi di akun media sosial pribadi Anda atau komunikasi by way of chat.

thirteen. Jasa Pengiriman Barang

Jika Anda adalah mahasiswa atau tinggal di lingkungan mahasiswa dan memiliki kendaraan bermotor, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa pengiriman barang di sekitar kampus.

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol

Bisnis ini mempunyai peluang yang cukup besar, apalagi di saat banyak acara kampus yang membutuhkan jasa antar maupun angkut barang.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya perlu modal untuk bahan bakar minyak lebih senilai Rp 500 ribu dengan asumsi Anda sudah memiliki kendaraan bermotor yang memadai

14. Bisnis Blogging

Kegiatan running a blog tidak hanya untuk sekedar hobi dan membentuk branding personal saja. Dengan blogging Anda juga bisa membuka peluang usaha dengan memasang iklan di dalam konten weblog Anda.

Baca juga: 10 Pengusaha Sukses Luar Negeri yang Bikin Makin Semangat Berbisnis

Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk membuat weblog dengan hosting dan domain lokal adalah Rp1 juta per tahun. Jika Anda masih pemula dan belum memiliki modal banyak, Anda tetap bisa menghasilkan uang dengan running a blog di berbagai platform blog gratis.

15. Jual Rangkaian Bunga

Usaha merangkai bunga juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Dengan usaha ini, Anda bisa memanfaatkan momen-momen spesial seperti wisuda, pernikahan, ulang tahun, dan perayaan lainnya.

Baca juga: 7 Motivasi Bisnis dari Jack Ma untuk Pebisnis yang Ingin Sukses

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa sediakan modal sekitar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu, tergantung bahan, hiasan, dan bibit bunga yang Anda pilih. Anda bisa memasarkan usaha ini melalui media sosial maupun hadir secara offline di halaman rumah Anda.

Nah, itulah 15 ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal di bawah hingga Rp1 Juta yang bisa Anda coba. Selain ide bisnis kreatif dan memanfaatkan peluang dengan baik, pengetahuan dalam menyusun strategi serta keuangan bisnis juga tidak kalah penting.

Dengan Moka POS, Anda bisa memulai bisnis dengan mudah dan laporan bisnis yang teratur. Yuk, coba Moka POSgratis 14 hari tanpa kredit!