Cara Membuat Brosur Menggunakan Google Documents

Artikel poskoran ini akan mengajarkan kepada Anda cara membuat dan mencetak brosur di Google Documents. Jenis brosur yang paling umum adalah brochure on google docs, yang juga dikenal sebagai pamflet. Meskipun Google Documents tidak memiliki templat brochure on google docs, cukup mudah untuk membuatnya sendiri. Jika Anda tidak peduli dengan formatnya dan hanya ingin how to make a brochure on google docs, Anda dapat menggunakan salah satu template brosur bisnis gratis dari Google Doc.

Buka https://docs.google.com di browser Anda. Jika Anda belum masuk ke Google Documents, ikuti petunjuk di layar untuk masuk sekarang dengan Akun Google Anda. Sebelum memulai, putuskan seperti apa tampilan brosur lipat tiga yang Anda inginkan. Brosur datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pikirkan tentang berapa banyak halaman yang Anda inginkan untuk brosur Anda dan ukuran setiap laman.

Klik + untuk membuat dokumen kosong. Ini adalah tanda plus pelangi besar di area kiri atas halaman. Untuk memberi nama arsip, klik kotak teks “Untitled Document” di sudut kiri atas jendela, lalu masukkan jenis judul untuk brosur Anda.

Iklan

Klik sajian File dan pilih Page Setup. Di sinilah Anda dapat mengatur dimensi file.

Klik tombol radio di sebelah “Lanskap”. Ini mengubah orientasi halaman dokumen menjadi lanskap sehingga Anda dapat melipat brosur dengan benar.

Atur margin sebagai “0,25” dan klik Ok. Margin berada di sisi kanan jendela. Ini memberi Anda lebih banyak ruang untuk gambar dan teks.

Buat tabel tiga kolom. Anda harus membuat tiga kolom di kedua sisi halaman sehingga Anda dapat melipatnya menjadi tiga. Untuk melakukannya:Klik Sisipkan sajian di bagian atas Documents.Pilih hidangan Tabel.Tarik mouse Anda sehingga hanya tiga kotak teratas yang disorot. Setiap kotak akan mewakili kolom di brosur Anda. Saat Anda melihat tabel baru, tekan tombol Enter atau Return berulang kali untuk memperluas kolom ke bagian bawah halaman kedua. Karena Anda membuat brochure on google docs, Anda ingin kolom Anda sejajar di kedua sisi lembar. Idenya adalah Anda akan melihat tiga kolom vertikal di kedua sisi halaman (Anda dapat menyembunyikan garis sebenarnya nanti). Meskipun Anda belum menambahkan data, ini memberi Anda beberapa baris tabel visual untuk dikerjakan.

Biasakan diri Anda dengan tata letak lipat tiga. Anda sekarang harus memiliki 2 halaman dengan masing-masing tiga kolom. Karena Anda akan melipat brosur di sepanjang garis, tata letaknya akan terlihat seperti ini: Halaman 1 (laman “luar”): Tutup dalam (bagian ini terlipat) 2 (halaman “dalam” Di dalam halaman Sampul Belakang adalah di atas (dan terbuka seperti buku).

Desain sampul depan. Sampul depan brochure on google docs akan berada di kolom paling kanan pada halaman pertama (kolom 3).[1]Desain sampul terserah Anda, tetapi berikut adalah beberapa ide untuk memulai: Ketik yang Anda inginkan judul di bagian atas (atau di mana saja, benar-benar) kolom 3. Cukup klik kursor mouse di kolom dan mulai mengetik. Untuk menyesuaikan gaya teks, sorot apa yang telah Anda ketik dan gunakan menu gaya teks dan tombol yang ada di sepanjang bagian atas dokumen. Misalnya, Anda dapat memilih gaya dengan mengklik sajian yang menyatakan teks Normal dan memilih opsi. Anda juga dapat mengubah tampilan font, ukuran, berat, dan bahkan warna. Judul biasanya diletakkan di tengah. Untuk melakukannya, sorot dan klik tombol 4 garis tengah di bilah alat. Gambar sampul yang kuat penting untuk menggambarkan tujuan brosur, serta menarik minat pembaca. Untuk menambahkan gambar, klik lokasi yang diinginkan, klik Sisipkan sajian, pilih Gambar, navigasikan ke lokasi gambar, pilih, lalu klik Buka. Seret jangkar biru di sekitar tepi gambar untuk ditempatkan jika diinginkan.

Desain penutup belakang. Ini adalah panel tengah halaman satu, jadi tepat di sebelah kiri sampul depan. Panel belakang brosur sering kali menyertakan informasi kontak, kredit, dan pernyataan penutup. Kadang-kadang panel belakang bahkan dirancang sebagai panel surat sehingga Anda dapat mengirimkannya tanpa amplop. Adalah ide yang baik untuk membuat panel belakang secerah bagian depan sehingga menarik perhatian ke tempat brosur ditempatkan.

Buat panel dalam pertama. Sekarang setelah Anda selesai dengan dua sampul, saatnya untuk menambahkan sisa konten. Halaman 1 brosur akan berada di dalam sampul depan, yaitu kolom ketiga pada halaman kedua. Karena ini biasanya tempat Anda akan memperkenalkan produk atau layanan, mungkin akan sedikit lebih banyak teks daripada sampul depan atau belakang. Saat Anda membuka brochure on google docs, Anda akan melihat lipatan di sebelah kanan sisi yang bisa dibuka. Tutup itu, yang merupakan kolom paling kiri dari Halaman 1, harus berisi informasi yang berdiri sendiri, seperti iklan, atau penawaran khusus.

Tambahkan konten ke sisa brosur Anda. Karena Anda telah memperkenalkan produk atau layanan di kolom pertama halaman dua, Anda dapat melanjutkan menambahkan konten ke halaman selanjutnya. Karena Anda sudah tahu cara menambahkan teks dan foto, lihat tip berikut untuk pemformatan teks yang lebih mendalam: Jika Anda menambahkan gambar, Anda ingin membuatnya berfungsi dengan teks dengan menyiapkan pembungkusan. Klik gambar setelah disisipkan, lalu klik salah satu dari tiga ikon bungkus di bawahnya.

 Sebaris (ikon 1) berarti gambar akan ditambahkan sebagai bagian dari teks, menyebabkan gambar bergeser saat teks ditambahkan atau dihapus. Ini adalah tidak disarankan karena dapat menyebabkan masalah pemformatan dalam kasus brosur. Teks bungkus (ikon 2) memungkinkan teks mengalir di sekitar dan ke samping gambar. Ini adalah pilihan yang baik untuk bagian dalam brosur ketika Anda memiliki gambar kecil di antara teks paragraf. Teks pecah (ikon tiga) berarti teks akan berhenti di atas dan berlanjut di bawah gambar. Ini adalah pilihan yang baik untuk brochure on google docs karena kolomnya kecil dan tidak memiliki banyak ruang untuk teks mengelilingi gambar.

 Sembunyikan garis besar tabel untuk melihat produk akhir. Sekarang setelah Anda mendesain brosur, Anda dapat menyingkirkan pedoman hitam itu. Begini caranya:Klik area kosong di dalam kolom mana pun untuk memilih tabel.Klik kanan area kosong di dalam tabel dan pilih Properti tabel.Ubah ukuran garis default (1pt) menjadi 0pt.Klik OK.

Cetak brosur pada printer dupleks. Karena halaman dalam dan luar brosur secara teknis mencakup dua halaman terpisah, Anda harus mencetak kedua halaman bersama-sama dua sisi. Berikut cara melakukannya di Google Documents:Klik hidangan File dan pilih Cetak.Pilih printer Anda dari hidangan “Tujuan”.Pilih berapa banyak salinan yang akan dicetak (mulai dengan satu saja untuk memastikan Anda menyukai apa yang Anda lihat).Perbesar Lebih Banyak pengaturan hidangan. Di bagian “Dua sisi”, centang kotak di samping “Cetak di kedua sisi”, lalu pilih Balik tepi pendek dari menu tarik-turun. Ini karena arsip dalam mode lanskap—membalik sisi yang panjang akan membuat bagian dalam tercetak terbalik

Iklan

Buka https://docs.google.com di browser Anda. Jika Anda belum masuk ke Google Documents, ikuti petunjuk di layar untuk masuk sekarang dengan Akun Google Anda. Meskipun Google Documents memiliki template brosur, ini bukan gaya lipat tiga biasa yang mungkin Anda harapkan. Namun, itu akan bekerja dalam keadaan darurat ketika Anda perlu memberi orang informasi yang mereka butuhkan.

Klik Galeri template. Tombol ini berada di pojok kanan atas laman Google Documents. Ini memperluas satu set templat yang sudah jadi yang dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen.