Cara Aman Beli Mobil Bekas Online Tanpa Perantara

Ada banyak pilihan atau alternatif yang dapat Anda lakukan ketika ingin beli mobil bekas, jika dulu harus datang terlebih dahulu ke dealer dengan pilihan yang itu-itu saja. Maka sekarang hal tersebut tidak berlaku lagi karena bahkan pembeliannya dapat dilakukan secara online, yaitu lewat ponsel Anda saja. Karena memang sudah ada banyak diantara platform yang memberikan kemudahan di dalam transaksi jual beli kendaraan bekas, bahkan sangat mungkin bagi Anda mendapatkan harga yang sangat miring dibandingkan beli lewat dealer langsung, karena tanpa perantara.

Anda hanya perlu melihat beberapa iklan yang ada di platform atau aplikasi untuk jual beli kendaraan bekas tersebut, umumnya ada banyak sekali pilihannya, namun penjualnya juga tidak selalu ada di sekitar Anda. Melainkan banyak diantaranya yang berasal dari luar kota. Resiko-resiko di dalam transaksi berbasis online ini sendiri sudah pasti ada. Itulah mengapa penting untuk tetap berhati-hati jika seandainya tak ingin menyesal.

Anda tetap bisa aman beli mobil bekas online tanpa melalui perantara dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, yaitu:

  1. Pilih penjual yang terpercaya, sekarang ini kasus penipuan dalam pembelian kendaraan secara online banyak terjadi, uang sudah ditransfer namun barang tidak dikirim. Untuk itu mengenali penjual adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Pastikan bahwa penjual yang Anda pilih tersebut merupakan orang yang terpercaya, sudah terverifikasi, paling aman juga pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kota tempat tinggal Anda.
  2. Temui penjual tersebut dengan teman atau keluarga, artinya memang jangan bertemu dengan penjual sendiri, apalagi dengan membawa uang tunai, resikonya jadi sangat besar. Karena bagaimanapun untuk memastikan kondisi kendaraan tersebut masih dalam kondisi yang baik sesuai dengan kebutuhan Anda, solusinya adalah dengan dilihat dan dicoba secara langsung. Mau tak mau pastinya Anda juga harus bertemu dengan penjual bukan. Sebaiknya bawa orang lain, jangan dilakukan sendiri agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan, membeli kendaraan bekas paling riskan adalah pada jaminan legalitasnya, karena banyak yang terkadang suratnya tidak lengkap. Kendaraan semacam ini dikenal juga sebagai mobil ilegal, bisa jadi ia termasuk kendaraan hasil curian dan sejenisnya, sehingga bisa memicu masalah hukum kepada pembeli di kemudian hari. Untuk itulah semua dokumen-dokumennya harus dipastikan lengkap.
  4. Jangan bertransaksi memakai uang tunai, meskipun nantinya Anda datang dan bertemu langsung dengan pembeli, namun transaksi dengan membawa uang tunai langsung kurang aman. Hal yang kerap kali terjadi adalah orang-orang yang membawa banyak uang tunai rentan akan resiko kerampokan, tentunya tak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan.
  5. Lakukan test drive, guna memastikan bahwa kendaraan yang Anda beli tersebut sesuai dengan ekspektasi, kondisinya masih bagus dengan performa yang optimal, maka penting juga hukumnya untuk mencoba langsung atau test drive, tidak sekedar melihat kondisi barangnya. Anda bisa melakukan test drive ini ditemani oleh penjual tersebut.

Beli mobil bekas  di Moladin sudah terbukti aman, disana mereka menjual berbagai koleksi produk kendaraan bekas yang kondisinya masih bagus, karena sudah dicek langsung oleh tim Moladin. Berbicara mengenai harganya sendiri juga bersaing sehingga Anda tidak perlu khawatir. Mobil bekas ini bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin membeli kendaraan namun budgetnya terbatas.