6 Tips Membeli Rumah Seken

Rumah seken saat ini menjadi pilihan banyak orang. Membeli rumah seken atau bekas dianggap memiliki sejumlah keuntungan yang tidak didapatkan saat membeli rumah baru.

Anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai perkembangan kawasan lingkungan rumah seken. Sebagian besar rumah seken juga memiliki luas tanah yang lebih luas dibandingkan rumah baru. Beberapa keuntungan tersebut tentu saja sangat menggiurkan dan membuat banyak orang lebih memilih membeli rumah seken.

Membeli rumah seken merupakan perkara yang tidak mudah. Anda membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk mendapatkan rumah seken yang berkualitas. Anda juga harus meluangkan waktu yang tidak sebentar dalam proses pencarian rumah seken.

Rumah seken atau bekas pakai tidak mempunyai banyak pilihan dari segi jumlah unit maupun modelnya. Jumlah unit rumah seken yang dijual di pasaran untuk daerah tertentu sangat terbatas. Sedangkan untuk model, Anda harus bersabar untuk menemukan model rumah yang sesuai impian.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan maupun pertimbangkan sebelum membeli rumah seken. Ikuti 10 tips berikut agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

1. Pilih rumah yang memenuhi kriteria

Karena keterbatasan model rumah, Anda harus bersabar apabila rumah seken yang akan dibeli tidak dapat memenuhi semua kriteria yang diharapkan. Rumah yang akan Anda dibeli paling tidak memenuhi kriteria utama seperti pemilihan lokasi maupun besar bangunan.

Untuk mewujudkan rumah yang sesuai impian, Anda bisa melakukan renovasi di kemudian hari. Anda bisa melakukan perubahan di beberapa bagian secara bertahap sampai rumah menjadi sesuai yang diharapkan.

2. Memeriksa kondisi fisik bangunan

Rumah yang pernah dihuni sebelumnya memang sangat rentan dalam hal kondisi bangunan. Anda bisa mengajak teman atau kerabat yang mempunyai pengetahuan mengenai kondisi bangunan.

Anda bisa memeriksa sejumlah hal penting seperti kondisi pondasi, struktur bangunan, lantai, hingga atap rumah. Pastikan bahwa bangunan yang akan Anda beli aman untuk ditempati.

Selain kondisi bangunan, Anda juga perlu memeriksa fasilitas rumah seken yang akan dibeli. Anda harus memastikan bahwa rumah memiliki sejumlah fasilitas yang Anda butuhkan. Agar kesehatan Anda dan keluarga terjamin, pastikan rumah memiliki saluran udara dan cahaya yang baik.

3. Mengecek kondisi lingkungan sekitar

Tips selanjutnya yaitu memeriksa lingkungan sekitar. Anda harus memastikan bahwa lingkungan tempat rumah yang akan dibeli aman dan nyaman. Tidak kalah pentingnya, Anda juga harus memastikan bahwa lingkungan sekitar dapat memudahkan Anda dalam melakukan berbagai mobilitas kerja.

Lingkungan yang aman kan membuat Anda merasa tenang saat meninggalkan rumah. Selain aman, lingkungan yang bersih tentu akan menambah kenyamanan saat berada di rumah.

4. Memeriksa kelengkapan dokumen rumah

Tidak hanya memeriksa kondisi fisik dan lingkungan sekitar, Anda juga perlu memeriksa kelengkapan dokumen bangunan. Anda harus memastikan bahwa rumah mempunyai sertifikat rumah, sertifikat IMB, maupun bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Pastikan dokumen-dokumen tersebut adalah asli. Anda juga perlu menanyakan atas nama dari dokumen-dokumen tersebut. Apabila nama yang tertera tidak sama dengan nama penjual, Anda bisa menanyakan status hubungan penjual dengan nama yang tertera pada dokumen.

Apabila penjual belum melakukan balik nama, maka Anda perlu meminta Akta Jual Beli yang sah atas rumah tersebut yang dapat digunakan untuk balik nama di kemudian hari.

Beda lagi saat Anda membeli rumah dengan status warisan. Anda harus memastikan bahwa semua ahli waris telah menyetujui penjualan rumah seken tersebut. Agar Anda terhindar dari masalah hukum nantinya, Anda juga bisa membuat surat pernyataan bermaterai yang ditandatangani oleh semua ahli waris.

5. Mengecek harga tanah dan bangunan

Lanjut ke tips berikutnya yaitu mengecek harga tanah dan bangunan. Informasi mengenai harga tanah dan bangunan di sekitar rumah diperlukan agar memudahkan Anda dalam melakukan penawaran harga. Anda bisa melakukan penawaran dengan harga yang tidak terlalu tinggi maupun rendah dari harga pasaran.

Informasi menengai harga tanah dan banguan bisa Anda cari di internet. Anda juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar mengenai kisaran harga tanah dan bangunan beberapa tahun terakhir.

6. Membeli langsung dari pemilik rumah

Cara terbaik untuk membeli rumah seken adalah membeli langsung dari pemilik. Anda akan mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai rumah yang akan dibeli. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa perantara.

Membeli rumah tanpa ada perantara tentu saja cukup menguras tenaga. Apabila Anda ada dana berlebih, Anda bisa menggunakan jasa perantara. Namun, Anda harus memastikan bahwa jasa perantara tersebut profesional dan terpercaya agar Anda tidak kecewa.

Demikian tadi 6 tips yang bisa Anda lakukan saat akan membeli rumah seken. Walaupun rumah yang Anda beli bekas pakai, Anda tetap dapat membuat rumah tersebut nyaman untuk ditinggali. Pastikan bahwa rumah seken yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.